Selasa, 09 Oktober 2012

ISD tugas 1


    Tugas 1
    
*Jelaskan mengenai definisi dari ilmu sosial dasar (3 sumber) dan
Berikan kesimpulan!!!!                    
Jawaban
* ISD adalah pengetahuan yg menelaah masalah2 sosial, khususnya  masalah2 yg diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori2 (fakta, konsep, teori) yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu2 sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah)
ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep2 yg dikembangkan untuk melengkapi gejala2 sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran pelajar dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan  pelajar pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
* lmu social dasar ( ISD ) adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah – masalah social yang timbul dan berkembang, khususnya yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social.
a.Sekilas tentang ilmu – ilmu sosial, ilmu pengetahuan sosial dan ilmu – ilmu sosial dasar.
telah kita ketahuai bahwa sumber dari semua ilmu adalah di filsafat / filosofi, baik ilmu – ilmu alam maupun ilmu – ilmu social ditilik dari pengembangannya bermula dari ilmu filsafat. Kemudian lahirlah 3 ( tiga ) cabang ilmu pengetahuan, yaitu :

.        natural sciences
meliputi fisika, kimia, biologi, astronomi ( IPA ).
·         social sciences
meliputi sosiologi, politik, ekonomi, sejarah, psikologi ( IPS ).
·         Humanities
meliputi bahasa, agama, kesenian dan kesusasteraan.

* Pengertian  ilmu sosial dasar
Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga :
a. Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
b. Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
c. Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.



Kesimpulan:
Dari ketiga sumber diatas dapat disimpulkan bahwa Ilmu sosial dasar itu adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial dan yang menelaah setiap permasalahan sosial yang ada khususnya masalah yang ditimbulkan oleh masyarakat dengan tetap menggunakan pengertian-pengertian (fakta,konsep ,teori) dan masih berhubungan dengan keahlian ilmu pengetahuan dan lapangan ilmu sosial seperti:geografi,sosiologi,ilmu politik, dan masih banyak lagi.
Ilmu sosial dasar juga dapat dikatakan sebagai usaha untuk mencapai suatu kemakmuran dalam menanggapi setiap permasalahan yang ada ditengah-tengah masyarakat sosial sehingga masyarakat dan pelajar baik siswa/i maupun mahasiswa dalam penalaran dan penanggapan terhadap masalah lingkungan sosial dapat lebih baik dan ditingkatkan untuk kedepannya.

Nama :Gustina.P.Situmorang
Klas   :2SA05
Npm  :13611119

Tidak ada komentar:

Posting Komentar