Senin, 07 Mei 2012

kegunaan IT dalam pariwisata


    
kegunaan IT atau teknologi informasi bisa diaplikasikan pada semua aspek atau bidang termasuk pariwisata. kegunaan IT untuk pariwisata saat ini merupakan hal yang wajib dilakukan untuk kepentingan promosi dan informasi. Dengan memanfaatkan IT maka informasi dan komunikasi dapat dilakukan dengan cepat, efisien dan akurat sehingga akan sangat membantu para wisatawan sebelum memutuskan tujuan liburan mereka. Selain itu bidang IT juga difungsikan dalam aplikasi yang terdapat di masing-masing hotel, penginapan, restoran atau travel untuk memudahkan transaksi yang terjadi seperti pemesanan kamar, tiket pesawat, pembayaran dan sebagainya. kegunaan IT untuk ini tentu saja akan meminimalisir kesalahan atau human error yang umum terjadi.
kegunaan IT dalam pariwisata dewasa ini sudah terbilang tinggi. Para pelaku bisnis sudah mulai menyadari betapa besar pengaruh teknologi informasi untuk kelancaran bisnis mereka. Mereka tidak ragu lagi untuk memasang perlengkapan IT yang canggih dan menerapkan aplikasi terbaik untuk kenyamanan dan keamanan di tempat usaha mereka. Sebut saja layanan seperti website/portal informasi mengenai gambaran bisnis, aplikasi reservasi online untuk hotel, paket wisata, transportasi dll serta aplikasi sistem pembayaran online. Dengan layanan seperti ini para wisatawan yang menggunakan jasa mereka tentu saja akan merasa aman dan nyaman.
Keuntungan pemanfaatan IT untuk Pariwisata antara lain:
-Komunikasi tidak mengenal batas ruang dan waktu
-Jangkauan sangat luas di seluruh dunia
-Akses informasi sangat cepat dan murah
-Penyampaiam informasi menjadi akurat dan up to date
-Menambah kredibilitas suatu perusahaan karena memiliki website atau email
Pemanfaatan IT untuk pariwisata juga memerlukan jasa dari pekerja IT yang handal dan profesional supaya teknologi yang ada menjadi tepat dan efisien sesuai dengan bidang bisnis yang ditekuni. IT memang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan dan sektor pariwisata pun kini memberikan peluang pekerjaan IT untuk kita semua.

Sumber; http://www.jobloker.co.id/id/component/content/article/4/133-pemanfaatan-it-untuk-pariwisata
 
              


Tidak ada komentar:

Posting Komentar